Gelar Pelatihan Membatik, LPNU Kabupaten Malang Gandeng BLK Jawa Timur

Para peserta dari Fatayat dan Muslimat NU tengah serius mengikuti pelatihan membatik. (FOTO: Istimewa

NUKITA.ID, MALANG – Sebanyak 16 orang dari anggota Fatayat dan Muslimat NU, mengikuti pelatihan membatik yang diselenggarakan Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama/LPNU Kabupaten Malang bersama Balai Latihan Kerja/BLK Jawa Timur.

Pelatihan yang digelar mulai 26 Maret hingga 25 April 2019 di Gedung NU Kepanjen ini untuk memberikan keahlian membatik kepada ibu-ibu serta remaja putri yang tergabung dalam organisasi Fatayat dan Muslimat NU.

"Sebanyak 16 peserta ini merupakan anggota Fatayat dan Muslimat NU yang berasal dari Kecamatan Donomulyo," ujar Ketua LPNU Kabupaten Malang, H Agus Salim kepada NUKita, Kamis (28/3/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, bukan tanpa alasan diselenggarakan pelatihan membatik ini. Karena ingin mengangkat potensi wisata pantai di Donomulyo.

"Di Kecamatan Donomulyo ada banyak wisata pantai. Nantinya diharapkan setelah melalui pelatihan ini, tercipta batik yang menggambarkan dan memiliki ciri khas potensi wisata pantai yang ada di Donomulyo," paparnya.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada kerajinan batik yang menggambarkan khas wisata pantai di Donomulyo. Maka dari itu, pihaknya memfasilitasi peserta untuk memperoleh pelatihan membatik tersebut.

"Jenis pelatihan yang diberikan ini adalah batik tulis. Sehingga diharapkan mereka dapat berkreasi dalam menciptakan batik yang menjadi ciri khas wisata pantai di Kecamatan Donomulyo," terangnya.

Selanjutnya dia berharap kepada para peserta pelatihan nanti dapat mengembangkan usaha batik.

"Sehingga, mereka dapat semakin mandiri dan meningkatkan kesejahteraannya, melalui membatik," imbuhnya.

Menurutnya, selain pelatihan membatik, ke depan LPNU Kabupaten Malang akan mengembangkan kerjasama dengan BLK Jawa Timur melalui pelatihan lain seperti pelatihan tata boga, tata busana dan otomotif. (*)

Berita Lainnya

berita terbaru
Ulama Aswaja

NU dan Thoriqot Two in One .

22/07/2019 - 09:21

berita terbaru
Gerakan Pentong Koin NU

Dana KOIN Klunting MWC NU Turen Penuh Amanah

22/07/2019 - 07:55

Comments